Penerapan Teori Johari Window Sebagai Upaya Pencegahan Bullying Pada Remaja

Authors

  • Fifi Alviana Universitas Sains Al-Qur'an
  • Ari Setyawati Universitas Sains Al-Qur’an
  • Abdullah Azam Mustajab Universitas Sains Al-Qur’an
  • Ika Purnamasari Universitas Sains Al-Qur’an
  • Sri Mulyani Universitas Sains Al-Qur’an

DOI:

https://doi.org/10.53690/ipm.v5i02.411

Keywords:

Bullying, Johari Window Theory, Knowledge

Abstract

: Salah satu penanganan bullying yaitu teori johari windows. Teori Johari windows merupakan konsep psikologi dengan memahami diri sendiri dan hubungan dengan orang lain. Tujuan Teori Johari windows yaitu meningkatkan kesadaran diri dan komunikasi sehingga remaja dapat memaksimalkan potensi diri yang ada tanpa menyakiti orang lain. Tujuan PkM yaitu memberikan pengetahuan tentang bullying dengan penerapan Teori Johari Window sehingga dapat mencegah terjadinya perilaku bullying. Metode yang digunakan adalah pemberian pendidikan kesehatan dan demonstrasi teori Johari windows dengan 2 jendela yaitu open dan blind area. Penerapan teori Johari Windows dilaksanakan di MAN 02 Wonosobo yang sasaran pada kegiatan ini adalah siswa kelas 10-12 yang berusia 15-17 tahun berjumlah 85 siswa. Hasil sesudah dilakukan PkM didapatkan siswa yang berpengetahuan kurang sebanyak 5 orang, cukup 20 orang dan baik 60 orang. Kegiatan PkM yang dilakukan dapat meningkatkan pengetahuan remaja tentang pencegahan bullying dan intervensi anti bullying dengan menerapkan model Johari window.

Downloads

Published

2025-02-09

How to Cite

Alviana, F., Setyawati, A. ., Mustajab, A. A. ., Purnamasari, I. ., & Mulyani, S. . (2025). Penerapan Teori Johari Window Sebagai Upaya Pencegahan Bullying Pada Remaja. Idea Pengabdian Masyarakat, 5(02), 245–251. https://doi.org/10.53690/ipm.v5i02.411