Pengenalan Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Tradisional Maddanda dan Asistensi Mengajar di SDN 65 Tampo

Authors

  • Andina Citra Muliani Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Muhammadiyah Bone
  • Sirwanti Sirwanti Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bone
  • Naimah Paronda Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.53690/ipm.v5i01.371

Keywords:

Asistensi mengajar, Permainan tradisional maddanda, Matematika

Abstract

Pada saat ini banyak siswa yang tidak bersemangat atau bahkan tidak suka belajar matematika. Maka, di pandang penting metode belajar yang dapat menarik antusias siswa supaya menjadi lebih bersemangat dalam belajar. Untuk itu diperlukan suatu metode yang tepat, salah satu hal yang perlu dilakukan yaitu mengajak siswa belajar sembari memberi permainan yang disesuaikan dengan mata pelajaran tersebut. Dalam proses pembelajaran, guru berperan penting untuk memfasilitasi pemahaman dan mengarahkan siswa dalam menyelesaikan tantangan matematika. Artikel ini memperkenalkan pembelajaran matematika berbasis permainan tradisional Maddanda sebagai pendekatan inovatif untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa dalam konsep matematika dan mengintegrasikan budaya lokal dengan metode pendidikan yang menyenangkan. Hasil yang diharapkan dari pengabdian masyarakat ini yaitu meningkatnya minat belajar siswa serta pemahaman matematika dasar di sekolah SDN 65 Tampo

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Muliani, A. C., Sirwanti, S., & Paronda, N. (2024). Pengenalan Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Tradisional Maddanda dan Asistensi Mengajar di SDN 65 Tampo. Idea Pengabdian Masyarakat, 5(01), 112–118. https://doi.org/10.53690/ipm.v5i01.371

Issue

Section

Articles