Pemanfaatan Kearifan Lokal Rumah Adat Bugis Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di Wilayah Desa Tampo
DOI:
https://doi.org/10.53690/ipm.v5i01.369Keywords:
Kearifan Lokal, Media Pembelajaran, Rumah Adat bugisAbstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan kearifan lokal berupa miniatur rumah adat Bugis sebagai media pembelajaran matematika di Desa Tampo. Menginterpretasikan unsur budaya lokal dalam pendidikan memungkinkan anak-anak lebih memahami konsep-konsep matematika dengan cara yang lebih kontekstual dan bermakna. Rumah adat Bugis memiliki struktur geometri yang unik dan kaya akan nilai-nilai budaya, yang dapat dimanfaatkan untuk megajarkan konsep matematika dasar seperti geometri pada materi bidang datar dan bidang ruang. Selain itu, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan minat belajar siswa terhadap matematika yang lebih interaktif. Metode yang digunakan meliputi observasi, implementasi dan evaluasi pembelajaran. Hasil yang diharapkan adalah peningkatan pemahaman siswa serta kesadaran mereka akan pentingnya melestarikan budaya lokal. Kegiatan ini juga bertujuan mendorong perpustakaan desa menjadi pusat pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Idea Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.