Pemanfaatan Kearifan Lokal Rumah Adat Bugis Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di Wilayah Desa Tampo

Authors

  • Mutiara Melani Putri Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Bone
  • Naimah Paronda Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bone
  • Aspikal Aspikal Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.53690/ipm.v5i01.369

Keywords:

Kearifan Lokal, Media Pembelajaran, Rumah Adat bugis

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan kearifan lokal berupa miniatur rumah adat Bugis sebagai media pembelajaran matematika di Desa Tampo. Menginterpretasikan unsur budaya lokal dalam pendidikan memungkinkan anak-anak lebih memahami konsep-konsep matematika dengan cara yang lebih kontekstual dan bermakna. Rumah adat Bugis memiliki struktur geometri yang unik dan kaya akan nilai-nilai budaya, yang dapat dimanfaatkan untuk megajarkan konsep matematika dasar seperti geometri pada materi bidang datar dan bidang ruang. Selain itu, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan minat belajar siswa terhadap matematika yang lebih interaktif. Metode yang digunakan meliputi observasi, implementasi dan evaluasi pembelajaran. Hasil yang diharapkan adalah peningkatan pemahaman siswa serta kesadaran mereka akan pentingnya melestarikan budaya lokal. Kegiatan ini juga bertujuan mendorong perpustakaan desa menjadi pusat pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Downloads

Published

2025-01-03

How to Cite

Melani Putri, M., Paronda, N., & Aspikal, A. (2025). Pemanfaatan Kearifan Lokal Rumah Adat Bugis Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di Wilayah Desa Tampo. Idea Pengabdian Masyarakat, 5(01), 138–143. https://doi.org/10.53690/ipm.v5i01.369

Issue

Section

Articles