Pengenalan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di SMK Atisa Dipamkara
DOI:
https://doi.org/10.53690/ipm.v5i03.453Keywords:
Budaya Keselamatan, Lingkungan sekolah, keselamatan dan kesehatan kerjaAbstract
Keselamatan dan Kesehatan Kerja merupakan aspek esensial dalam mewujudkan lingkungan belajar yang aman di sekolah. Kegiatan pengabdian masyarakat di SMK Atisa Dipamkara bertujuan meningkatkan kesadaran dan pemahaman warga sekolah terhadap prinsip keselamatan dan kesehatan kerja melalui pendekatan edukatif. Observasi awal menunjukkan sejumlah fasilitas seperti ruang kelas, laboratorium, dan kantin belum memenuhi standar keselamatan. Hasil identifikasi bahaya dan penilaian risiko menggunakan metode Hazard Identification, Risk Assessment, and Determining Control menunjukkan adanya potensi bahaya dengan tingkat risiko sedang hingga tinggi. Selain itu, rendahnya pemahaman warga sekolah terhadap keselamatan dan kesehatan kerja memperkuat urgensi intervensi. Sosialisasi menggunakan pendekatan edukatif partisipatif dengan metode seminar interaktif, diskusi kelompok, pemutaran video dan pengukuran tingkat pemahaman melalui evaluasi pre-test serta post-test. Hasil post-test menunjukkan jumlah peserta dengan pemahaman tinggi meningkat mencapai 70%. Pendekatan edukatif melalui sosialisasi efektif membangun kesadaran K3 sekaligus menjadi langkah strategis menuju budaya keselamatan berkelanjutan di lingkungan pendidikan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Idea Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.