Pengenalan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di SMK Atisa Dipamkara

Authors

  • Fifit Eka Furi Astutik Universitas Matana
  • Ghristina Chrissilia Naulli Unversitas Matana
  • Della Christina Nehe Universitas Matana
  • Rambu Ina Hona Nalu Universitas Matana

DOI:

https://doi.org/10.53690/ipm.v5i03.453

Keywords:

Budaya Keselamatan, Lingkungan sekolah, keselamatan dan kesehatan kerja

Abstract

Keselamatan dan Kesehatan Kerja merupakan aspek esensial dalam mewujudkan lingkungan belajar yang aman di sekolah. Kegiatan pengabdian masyarakat di SMK Atisa Dipamkara bertujuan meningkatkan kesadaran dan pemahaman warga sekolah terhadap prinsip keselamatan dan kesehatan kerja melalui pendekatan edukatif. Observasi awal menunjukkan sejumlah fasilitas seperti ruang kelas, laboratorium, dan kantin belum memenuhi standar keselamatan. Hasil identifikasi bahaya dan penilaian risiko menggunakan metode Hazard Identification, Risk Assessment, and Determining Control menunjukkan adanya potensi bahaya dengan tingkat risiko sedang hingga tinggi. Selain itu, rendahnya pemahaman warga sekolah terhadap keselamatan dan kesehatan kerja memperkuat urgensi intervensi. Sosialisasi menggunakan pendekatan edukatif partisipatif dengan metode seminar interaktif, diskusi kelompok, pemutaran video dan pengukuran tingkat pemahaman melalui evaluasi pre-test serta post-test. Hasil post-test menunjukkan jumlah peserta dengan pemahaman tinggi meningkat mencapai 70%. Pendekatan edukatif melalui sosialisasi efektif membangun kesadaran K3 sekaligus menjadi langkah strategis menuju budaya keselamatan berkelanjutan di lingkungan pendidikan

Downloads

Published

2025-08-19

How to Cite

Astutik, F. E. F., Naulli, G. C., Nehe, D. C., & Nalu, R. I. H. (2025). Pengenalan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di SMK Atisa Dipamkara. Idea Pengabdian Masyarakat, 5(03), 424–431. https://doi.org/10.53690/ipm.v5i03.453

Issue

Section

Articles