Penerapan Komunikasi Terapeutik Pada Kader Terhadap Peningkatan Pelayanan Posyandu Balita
DOI:
https://doi.org/10.53690/ipm.v4i02.315Keywords:
communication, cadres, toddler posyandu, health educationAbstract
Komunikasi merupakan hal yang penting dalam implementasi pelayanan publik. Proses penyampaian pesan dari tenaga kesehatan, sebagai komunikator, kepada pasien menjadi tujuan dalam menyukseskan promosi, preventif, kuratif dan rehabilitative dalam meningkatkan kesejahteraan Kesehatan. Penyampaian pesan yang baik dan bertujuan akan membina hubungan yang memberikan kepercayaan tenaga kesehatan kepada pasien atau klien dengan baik. Pengabdian masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaan kader melalui pendidikan kesehatan dalam penerapan komunikasi terapeutik dalam pemberi pelayanan di Posyandu. Pengabdian kepada masyarakat menggunakan metode pendidikan kesehatan dan demonstrasi dengan sasaran kader posyandu. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 12 dan 13 Oktober 2023 yang bertempat di Desa Lengkong dan Candiyasan Kecamatan Kretek Kabupaten Wonosobo. Pengetahuan kader terkait komunikasi terapeutik terhadap pelayanan posyandu sebanyak 30 kader posyandu di 2 Desa didapatkan hasil pretest dengan rata – rata 6,8 dan setelah dilakukan pelatihan meningkat sebesar 7,8. Kegiatan penyuluhan dan demonstrasi pada kader dapat meningkatkan pelayanan posyandu dengan menerapkan komunikasi terapeutik disetiap tahapan meja posyandu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Idea Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.