Edukasi Penggunaan Skincare dan Kosmetik yang Aman

Authors

  • Akbar Nur Universitas Wallacea
  • Dewarawati Patandean Universitas Sulbar Manarang
  • Nasrullah Nasrullah Universitas Sulbar Manarang
  • I Kadek Dwi Swarjana Universitas Sulbar Manarang
  • Nurfadhilah Salahuddin Universitas Sulbar Manarang
  • Armidayanti Armidayanti Universitas Sulbar Manarang
  • Muhammad Furqan Universitas Sulbar Manarang

DOI:

https://doi.org/10.53690/ipm.v5i02.401

Keywords:

Edukasi, Skincare, Kosmetik

Abstract

Penggunaan skincare dan kosmetik dikalangan remaja, khususnya siswi MAN 1 Mamuju, semakin meningkat seiring dengan perkembangan tren kecantikan dan pengaruh media sosial. Namun, rendahnya literasi mengenai keamanan produk seringkali membuat remaja rentan terhadap risiko penggunaan produk yang tidak sesuai atau berbahaya. Tujuan pengabdian masyarakat ini, untuk meningkatkan pengetahuan terhadap penggunaan skincare dan kosmetik yang aman pada siswi MAN 1 Mamuju Kabupaten Mamuju. Adapun metode pelaksanaan pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan pada tanggal 21 desember 2024 di MAN 1 Mamuju yaitu dengan cara menyampaikan materi “Edukasi Penggunaan Skincare dan Kosmetik Yang Aman” selama 30 menit dan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama 25 menit dan kemudian dilanjutkan lomba kuis yang merupakan bagian dari evaluasi dari materi yang telah disampaikan sebelumnya. peningkatan pengetahuan terhadap penggunaan skincare dan kosmetik yang aman pada remaja khususnya pada siswi MAN 1 Mamuju menjadi langkah penting untuk mencegah dampak negatif tersebut dan memastikan Siswi MAN 1 Mamuju dapat membuat keputusan yang bijak dan aman. sehingga program edukasi sangat diperlukan untuk mengurangi risiko terhadap penggunaan skincare dan kosmetik pada siswi/siswa MAN 1 Mamuju.

Downloads

Published

2025-01-14

How to Cite

Nur, A., Patandean, D., Nasrullah, N., Swarjana, I. K. D. ., Salahuddin, N., Armidayanti, A., & Furqan, M. (2025). Edukasi Penggunaan Skincare dan Kosmetik yang Aman. Idea Pengabdian Masyarakat, 5(02), 182–187. https://doi.org/10.53690/ipm.v5i02.401

Most read articles by the same author(s)