Pemberdayaan Ibu PKK Melalui Pelatihan Keterampilan Produk Kunyit Berbasis Digital Marketing di Desa Botolempangan

Authors

  • Sukarno Hatta Universitas Muhammadiyah Sinjai
  • Fitrawansyah Fitrawansyah Universitas Muhammadiyah Sinjai
  • Makmur Makmur Universitas Muhammadiyah Sinjai
  • A. Armanto Universitas Muhammadiyah Sinjai
  • Sri Rahayu Universitas Muhammadiyah Sinjai

DOI:

https://doi.org/10.53690/ipm.v5i03.392

Keywords:

Pengolahan Kunyit, Pengemasan, Pemasaran Digital

Abstract

 

Tujuan program Pengabdian Masyarakat Pemula (PMP) ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat melalui pemasaran digital terhadap produk kunyit di Desa Botolempangan. Program ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya pengelolaan potensi sumber daya lokal kunyit akibat sistem pemasaran yang masih konvensional. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Desa Botolempangan, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai dengan sasaran dan mitra kegiatan adalah kelompok Ibu PKK Desa Botolempangan. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan pemaparan materi, praktek dan partisipasi langsung bersama mitra. Melalui program pengabdian masyarakat, diberikan pelatihan pengolahan kunyit pasca panen, pengemasan kunyit bubuk, dan pemasaran digital produk kunyut melalui sosial media kepada kelompok Ibu PKK Desa Botolempangan. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan mitra Ibu PKK dalam proses pengolahan, pengemasan dan pemasaran digital produk kunyit. Partisipasi aktif mitra dalam proses pengolahan, pengemasan dan pemasaran digital menunjukkan komitmen tinggi dalam pengembangan usaha kunyit bubuk desa Botolempangan kedepan. Selain itu, dengan adanya pendampingan kepada mitra, diharapkan produk kunyit bubuk dapat bersaing di pasar yang lebih luas sehingga berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat.

Downloads

Published

2025-03-07

How to Cite

Hatta, S., Fitrawansyah, F., Makmur, M., Armanto, A., & Rahayu, S. (2025). Pemberdayaan Ibu PKK Melalui Pelatihan Keterampilan Produk Kunyit Berbasis Digital Marketing di Desa Botolempangan. Idea Pengabdian Masyarakat, 5(03), 303–309. https://doi.org/10.53690/ipm.v5i03.392

Issue

Section

Articles