Literasi Industri 4.0: Globalisasi dan Peningkatan Daya Saing Peran Pendidik

Authors

  • Sudarman Sudarman Universitas Maritim AMNI Semarang
  • Agus Aji Samekto Universitas Maritim AMNI Semarang
  • Andar Sri Sumantri Universitas Maritim AMNI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.53690/ipm.v2i02.243

Keywords:

Revolusi Industri 4.0, Daya Saing, Globalisasi

Abstract

Pendidik memiliki peran yang sangat penting dalam menghadapi dan mendukung revolusi industri 4.0. Revolusi industri ini ditandai oleh integrasi teknologi digital, kecerdasan buatan, robotika, big data, dan berbagai inovasi teknologi lainnya. Pendidik perlu membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan yang diperlukan dalam era industri 4.0. Ini termasuk keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kemampuan berkolaborasi, pemecahan masalah, literasi digital, dan keterampilan komunikasi yang efektif. Pendidik perlu memastikan bahwa mahasiswa memiliki literasi digital yang memadai. Ini tidak hanya mencakup pemahaman teknologi, tetapi juga etika digital, keamanan online, dan kemampuan untuk mengelola informasi digital dengan bijak. Revolusi industri 4.0 sering kali melibatkan perubahan cepat dalam teknologi dan tren bisnis. Pendidik harus membantu siswa mengembangkan kemampuan adaptasi dan belajar sepanjang hayat agar mereka dapat berhasil di dunia kerja yang terus berubah.

Downloads

Published

2024-02-10

How to Cite

Sudarman, S., Samekto, A. A. ., & Sumantri, A. S. (2024). Literasi Industri 4.0: Globalisasi dan Peningkatan Daya Saing Peran Pendidik. Idea Pengabdian Masyarakat, 4(01), 63–67. https://doi.org/10.53690/ipm.v2i02.243

Issue

Section

Articles